Minggu, 25 Maret 2012

THREE POINTS LIGHTING

Dalam proses produksi video Tata cahaya memgang peranan yang sangat penting,bahkan yang paling menentukan niliai atau kualitas materi video yang ingin di tampilkan. Secara Umum dalam tata cahaya di kenal adanya Three Points Lighting , yang merupakan rumusan atau formula dasar sebuah pencahayaan dalam produksi video, film, dan foto. Three Points Lighting adalah rumusan yang wajib diterapkan terutama untuk sebuah event terkonsep seperti pembuatan Film maupun Video klip. Three Points Lighting (Tiga poin penting) itu terdiri atas : Key Light, Fill Light, Back Light.


  • Key Light adalah pencahayaan utama yang diarahkan pada objek. Keylight merupakan sumber pencahayaan paling dominan. Biasanya keylight lebih terang dibandingkan dengan fill light. Dalam desain 3 poin pencahyaan, keylight ditempatkan pada sudut 45 derajat di atas subjek.
  • Fill Light merupakan pencahyaan pengisi, biasanya digunakan untuk menghilagkan bayangan objek yang disebabkan oleh key light. Fill light ditempatkan berseberangan dengan subyek yang mempunyai jarak yang sama dengan keylight. Intensitas pencahyaan fill light biasanya setengah dari key light.
  • Back Light, pencahayaan dari arah belakang objek, berfungsi untuk meberikan dimensi agar subjek tidak “menyatu” dengan latar belakang. Pencahyaan ini diletakkan 45 derajat di belakang subyek. Intensitas pencahyaan backlight sangat tergantung dari pencahayaan key light dan fill light, dan tentu saja tergantung pada subyeknya. Misal backlight untuk orang berambut pirang akan sedikit berbeda dengan pencahayaan untuk orang dengan warna rambut hitam.
Selain 3 poin pencahayaan tadi masih ada jenis pencahyaan lainnya, yakni Background Light dimaksudkan agar setting/panggung tetap bisa kelihatan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar